Minggu, 06 Agustus 2017

[Video] Jakarta, Indonesia Sebelum Merdeka di Tahun 1938 FULL

Posted By: Edulicious - Agustus 06, 2017
Jakarta, Indonesia Sebelum Merdeka di Tahun 1938 FULL

RARE ITEM. Bagian dokumenter langka rekaman dari Arsip Prelinger (www.prelinger.com) yang sudah di restorasi kualitas dan warna, dokumen film yang terjadi waktu "Hindia Belanda" dan Jakarta (kemudian disebut Batavia) terhadap akhir dari era kolonial Belanda, 1938-1939. sutradaranya adalah Deane Dickason Tanpa audio apapun, itu akan menyulitkan untuk menonton video ini, jadi saya mencoba memberikan deskripsi beberapa bagian sedikit dari yang paling menarik. Silakan Disimak di Bawah :





00:17 : Sebuah overlay dari Amerika Serikat di Indonesia menggambarkan betapa besar nya nusantara ini.

00:57 : Video dari perahu sepanjang kanal Batavia.mengingatkan salah satu bagian dari daerah Venesia atau Amsterdam.

02:34 Batavia, Serang, Tangerang, Cirebon dan Bandoeng diikuti oleh gambar dari sebuah jalan yang sibuk (meskipun sesungguhnya tidak ada suasana macet pada saat itu)






06:08 : Sebuah baris panjang pegawai dalam pakaian putih keluar untuk melayani keluarga Belanda yang sedang makan. Mungkin rijsttafel (dibaca "rèisttafel" secara harfiah dalam Bahasa Belanda berarti "meja nasi" merupakan cara penyajian makanan berurutan dengan pilihan hidangan dari berbagai daerah)

06:22 -07:25 paket makan siang "Rijstaffel" yg hingga hari ini masih populer di Belanda. Ini pasti suguhan unggulan dari Hotel des Indies, kelihatan dari tulisan "HdI" di kerah pelayannya. Konon biayanya tergolong mahal, saat itu hanya orang2 tertentu yg bisa membayar makan siang seperti itu. Mulai menit

10:22 - 14:00 itu bukan keluarga Belanda biasa, tapi keluarga Gubernur Jendral Hindia Belanda terakhir sebelum invasi Jepang, Tjarda van Starkenborgh Stachouwer di Istana Merdeka dan Istana Bogor yg notabene keduanya kediaman resmi Gubernur Jendral Hindia Belanda. Ada juga Istana Cipanas di menit 13:07.

08:05 : gambar seorang pria menjual kincir dan mainan, diikuti oleh gambar memilukan dari seorang anak muda Indonesia membawa beban berat, Raut wajah anak Indonesia ini sulit untuk di deskripsikan

12:15 - 14:00 : gambaran seperti sebuah keluarga Belanda yang kaya di Jawa. berjalan di sekitar rumah megah, menonton Airshow, ada seorang wanita membelai rusa, bermain tenis, berenang. hingga memetik bunga.

16:53 : pria Jawa dengan seragam militer berbaris dan melakukan berbagai latihan, gambar anak-anak berlari ke sebuah bunker di bawah tanah. Diikuti oleh gambar dari angkatan udara dan tentara personil Belanda.

23:00 : pekerja Indonesia di dermaga, Beberapa mengenakan pakaian yang compang-camping.

23:38 : Orang ini sedang mencoba untuk terlihat serius saat di depan kamera.

24:20 : Banyak pekerja muda mengantri, sepertinya mereka dibayar dengan beras.

25:00 : Lebih dari jalan pusat kota, ditambah kita melihat sekilas sebuah becak.

26:45 : Mickey Mouse rupanya sudah ada di Indonesia, mungkin sejak di akhir tahun 1930 an.

31:49 : Film ini akhirnya meninggalkan Batavia dan berpindah pemandangan di Djogjakarta (Yogyakarta) di mana kita melihat beberapa gambar indah dari sawah dan Borobudur.

33:19 : siswa belajar kesenian tradisional di sekolah termasuk mengukir kayu dan membuat batik. video ini saya upload untuk ilmu sejarah kita.




Ikuti Update Kami Dengan Subscribe Via Email Atau Like FanPage Atau Via Link Aplikasi Berikut :


Line : @air6586d
Telegram : @edukasionline atau t.me/edukasionline
Twitter : http://twitter.com/Edulicious88 atau @Edulicious88
Instagram : @edukasionline



Terima Kasih Telah Mengunjungi dan Membaca Artikel Video Pilihan [Dari] Youtube ya....









Artikel Lainnya









loading...

About Edulicious

Penulis Merupakan Kontributor Beberapa Website (catatandokter.com dan olsreview.com) dan Blog (duniaedukasionline.blogspot.com, seputarfatwa.blogspot.com, dan lainnya. Profilnya Bisa dilihat Melalui Akun Gplus di https://plus.google.com/+EdukasiOnline. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Designed by Pasar Properti Online